Al Muttaqin Goes to School

AL Muttaqin – Penerimaan santri baru di Pondok Modern Al Muttaqin Buper sudah dibuka sejak bulan Januari lalu. Pendaftaran akan dilakukan sebanyak tiga gelombang, Gelombang pertama dari bulan Januari hingga Maret, gelombang kedua dari April sampai Mei dan gelombang terakhir dari bulan Juni hingga awal Juli. Sampai saat ini jumlah santri yang berada di Al Muttaqin sejumlah 136 santri. Ust Faqihuddin selaku ketua panita penerimaan santri baru pada tahun 2018 ini menargetkan jumlah santri baru sebanyak 150 santri dengan pertimbangan jumlah asrama memadai untuk menampung seluruh santri. 

 

Oleh karenanya, panita PSB 2018 mengadakan program “Al Muttaqin Goes to School”. Program ini bertujuan untuk mensosialisasikan Pondok Modern Al Muttaqin kepada siswa kelas 6 sekolah dasar di seluruh kota dan kabupaten Jayapura. Dan juga sekaligus mengenalkan kepada anak-anak yang akan melanjutkan studi ke jenjang SMP atau yang sederajat tentang pondok pesantren seperti apa pelajarannya, pendidikannya serta kehidupannya. Karena mayoritas anak-anak di kota Jayapura ini belum paham betul seperti apa pondok pesantren khususnya Pondok Modern. 

Program ini telah berjalan sejak awal Maret dan sudah sebanyak 8 sekolah telah dikunjungi. Panitia membagi area Jayapura menjadi 5 kawasan, kawasan sentani, kawasan waena, kawasan abe, kawasan Jayapura, dan kawasan keerom. SDN abe ale menjadi pusat kawasan Sentani. SD Pembangunan V Yapis, SDN Inpres 5.81 dan SMPN 11 mewakili kawasan Waena. MI Al-Azhar dan MIN Jaifuri mewakili kawasan Keerom. Tersisa dua kawasan lagi yang akan dilaksanakan pada pekan ini. 

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari guru-guru SD maupun SMP yang dikunjungi serta dari siswa-siswa kelas 6 SD yang mengikuti kegiatan ini. Harapan besar dari para guru SD agar kegiatan ini diadakan setiap tahun dengan berharap siswa semakin mengerti akan pondok pesantren dan lebih penting lagi memilih pondook pesantren sebagai tempat belajarnya.