Rihlah 2019: Rekreasi dan Tadabbur Alam

Al Muttaqin – Rutinitas dan dinamika pondok pesantren yang begitu padat guna mendidik mental dan karakter santri menjadikan nilai lebih bagi pondok Modern Al Muttaqin Jayapura. Santri terus berjibaku dengan kegiatan-kegiatan di pondok mulai dari berdisiplin waktu hingga mendalami pelajaran-pelajaran yang diberikan. Namun demikian rasa jenuh pasti akan muncul dalam diri santri. Oleh karenanya baagian Pengasuhan Santri berinisiatif mengadakan rihlah (Ahad, 27/01) sekedar untuk menghilangkan penat para santri beserta guru-guru.

Rihlah ini diadakan di pantai Hamadi yang terletak di daerah Hamadi kota Jayapura. Seluruh santri dan guru Pondok Modern Al Muttaqin mengikuti kegiatan ini. Antusiasme juga terlihat dari para orang tua yang berdatangan dengan seluruh anggota keluarga serta membawakan makanan untuk putra-putrinya.

“Rihlah kali ini tidak hanya sekedar bertamasya dan bersenang-senang, melainkan juga untuk belajar mentadabburi ke-Esaan serta keagungan Allah SWT. Selain dari pada itu, rihlah ini juga bertujuan untuk menyegarkan pikiran santri setelah sibuk dengan berbagai aktifitas pondok ditambah lagi santri siswa akhir akan mengahadapi berbagai macam ujian akhir sekolah sehingga butuh diadakan acara rihlah ini”, ungkap ustad Faqihuddin selaku pengasuhan dan pembimbing di acara kali ini. Dengan adanya rihlah ini diharapkan para santri kembali bisa bersemangat dalam mengikuti seluruh kegiatan di pondok serta dapat memperbaharui dan menata kembali niat mereka dalam belajar di pondok Modern Al Muttaqin.

4 buah bus serta 2 mobil Elf sumbangan wali santri digunakan untuk mengangkut santri menuju pantai Hamadi. Di awali dengan apel di pantai Hamadi dengan melatih kekompakan setiap santriwan dan santriwati, lalu selanjutnya diadakan berbagai macam perlombaan yang melatih kebersamaan dan kekompakan dengan menyatu dengan alam.

Acara ini berakhir pada pukul 13.30 WIT dan seluruh santri beserta guru kembali ke pondok dengan selamat.