PROFIL
PONDOK MODERN AL-MUTTAQIN


MUQODDIMAH

Harta dan anak, keduanya anugrah dari Allah SWT untuk menguji kita. Mampukah kita memberdayakan menjadi aset dan investasi di dunia dan di akhirat kelak, atau malah sebaliknya, justru menjadi batu sandungan dan petaka yang enyengsarakan

Pondok pesantren, merupakan lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia yang peranannya sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia. Pondok pesantren selama berabad-abad telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan dakwah dan pendidikan di Indonesia. Pondok pesantren berperan kuat dalam membentengi aqidah umat, membentuk dan membangun karakter dan jiwa yang islami, menanamkan akhlaq karimah dan menjadi transformasi nilai-nilai luhur serta ilmu pengetahuan.

Pondok Modern Al-Muttaqin hadir dan turut mewarnai dunia pendidikan di Indonesia khususnya bumi cenderawasih. Segala upaya dan tenaga dicurahkan untuk mewujudkan pondok pesantren berbasis modern di Jayapura dengan tujuan mewujudkan pendidikan yang islami sebagai cerminan generasi Islam yang kaffah. Dengan pemahaman dinul islam, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan teknologi, pondok modern Al-Muttaqin melangkah dalam mendidik generasi masa depan.


SEJARAH

Pondok Modern Al Muttaqin Jayapura Papua berawal dari Masjid Al-Muttaqin yang terletak di Buper, Waena, kec Heram kota Jayapura yang letaknya terbilang menyendiri dan jamaah sholat lima waktu hanya kurang dari 10 orang, apalagi Subuh. Ustadz Drs. H. Yatiman M,Si, selaku imam masjid berinisiatif untuk meramaikan jamaah dengan menampung 3 sampai 5 anak yang tinggal di area masjid guna membantu merawat masjid dan menjadi muadzin pada sholat lima waktu dan mereka akan mendapatkan pelajaran seperti layaknya santri dan bersekolah di sekolah formal yang terdekat dengan masjid.

Inisiatif tersebut disambut positif oleh Bpk Buhadi, SP dan Drs. Andi Irwansyah sebagai ketua dan wakil pengurus Masjid Al-Muttaqin. Setelah diadakan musyawarah muncullah ide mendirikan sekolah sendiri berbasis pesantren yang mempelajari ilmu agama (dinullah) dan pelajaran umum (sunnatullah) serta mempunyai akhlak yang terpuji. Maka pada tanggal 24 November berdirilah Yayasan Al Muttaqin. Yayasan ini yang mewadahi berdirinya Pondok Modern Al-Muttaqin. Pada tanggal 20 Agustus 2007 kegiatan pembelajaran MTs di Pondok Modern Al-Muttaqin resmi dimulai dengan santri perdana berjumlah 15 orang yang berasal dari daerah transmigrasi yaitu Arso dan Tajak. 3 tahun berselang dibukalah jenjang MA (Madrasah Aliyah) dengan santri perdana yang melanjutkan studinya di Pondok Modern Al-Muttaqin berjumlah 8 orang.


VISI

Mencetak generasi yang cerdas spiritual, emosional, dan intelektual


MISI

Membentuk pribadi muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berpengetahuan luas serta terampil Teknologi


MOTTO

  1. Berakidah yang benar
  2. Berilmu yang luas
  3. Beristiqomah
  4. Beramal yang ikhlas
  5. Berkreatif dan inovatif
  6. Berakhlak yang mulia

SAD JIWA PONDOK

Berjiwa :

  1. Sabar
  2. Tabah
  3. Ikhlas
  4. Mandiri
  5. Optimis
  6. Terampil

TUJUAN

  1. Menciptakan lulusan yang memiliki akhlak mulia, tekun beribadah, disiplin, berpengetahuan luas, terampil teknologi dan mampu memanfaatkan IPTEK dalam kehidupan pribadi, masyarakat, dan bangsa.
  2. Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, akhlak serta mengupayakan penggunaannya dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, Negara, dan dunia.
  3. Mampu menghafal al Quran minimal 3 Juz untuk lulus MTs. dan 6 Juz untuk lulus MA.
  4. Dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Ingris secara baik, lisan maupun tulisan.
  5. Dapat membaca kitab kuning dengan baik.

KARAKTERISTIK

  1. Siswa diasramakan / mondok.
  2. Menggunakan bahasa Arab dan Inggris sehari-hari.
  3. Wajib menghafal al Qur’an minimal sesuai dengan ketentuan.
  4. Mengajarkan tentang tatacara membaca kitab gundul.
  5. Mengajarkan tentang pentingnya akhlak dalam menuntut ilmu serta untuk  kehidupan pribadi, kelurga, masyarakat, dan bangsa secara global.
  6. Mengembangkan paradigma ilmu yang memberi penekanan pada rasa iman dan tauhid.
  7. Membina dan mengembangkan lingkungan pondok pesantren yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.
  8. Membina dan mengembangkan seni bela diri dan kreasi

ORIENTASI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

  1. Berbasis Keislaman
  2. Keilmuan & Teknologi
  3. Kemasyarakatan

STRATEGI PENDIDIKAN

  1. Seluruh nafas kehidupan Pondok dengan segala TOTALITASNYA menjadi proses, sarana pembelajaran dan pendidikan.
  2. Pendidikan dengan berbasis komunitas maka segala yang didengar, dilihat, dirasakan, dikerjakan, dan dialami oleh para santriwan santriwati dan warga Pondok dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang rabbani. 

KURIKULUM 

  1. Kurikulum Pondok Modern Al Muttaqin adalah berbasis pesantren yang mengajarkan Ilmu Dinullah dan Sunnatullah sehingga Ilmu Pengetahuan Agama 100% dan Ilmu Pengetahuan Umum 100%.
  2. Perpaduan antara kurikulum Pesantren dan Kementrian Agama baik jenjang MTS maupun MA.
  3. Hal ini menunjukkan di Pondok Modern Al Muttaqin Jayapura disamping ujian pondok tetap mengikuti ujian nasional yang diselenggarakan oleh KEMENAG dan DIKNAS. 

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU

  1. Aktif mengikuti PKG dan MGMP
  2. Penataran dan Pelatihan
  3. Mengadakan IHT 
  4. Ta’hil ( Pengayaan Guru Materi Pelajaran) – Program Tengah Semester dan Semester.
  5. Tugas Belajar
  6. Pemeriksaan Satuan Pelajaran
  7. Supervisi Pengajaran
  8. Pemeriksaan Pencapaian Target KBM dg memeriksa catatan siswa.

KEGIATAN EKSTRAKULIKULER

  1. Muhadhoroh (pidato) 3 bahasa
  2. Pramuka
  3. Bela Diri
  4. Kesenian 
  5. Keterampilan
  6. Jurnalistik
  7. Futsal
  8. Body Building
  9. Majalah Dinding 3 bahasa
  10. Praktek Manajemen Organisasi dan Koperasi
  11. Praktek di Laboratorium Bahasa dan Komputer
  12. Bersih Lingkungan, dll.